Selasa, 01 Desember 2009

Tangram

Tangram merupakan permain puzzle yang berasal dari China kuno. Terdiri dari tujuh bidang geomerti yang disebut Tan (2 segitiga sama kaki besar, 1 segitiga sama kaki sedang, 2 segitiga sama kaki kecil, 1 jajargenjang dan 1 persegi empat.) Ketujuh tan ini adalah potongan dari sebuah persegi empat dan dengan ketujuh bidang ini pula kita dapat membentuk berbagai rupa hewan, kegiatan manusia, alat dan benda maupun benda-benda imaginer lainnya.

Sejarah & Perkembangan

Awal mula tangram ditemukan dan siapa penemunya tidak tercatat dalam sejarah China. Buku pertama yang mencatat tentang tangram dipublikasikan di China pada tahun 1813, namun saat itu tangram sudah dianggap permainan kuno. Satu alasan yang bisa diberikan mengapa Tangram diyakini sebagai permainan yang berasal dari China walalupun buktinya kurang kuat adalah kemungkinan bahwa tangram merupakan permainan wanita dan anak-anak pada saat itu, sehingga pembelajaran yang memdalam tentang tangram dianggap sia-sia pada jamannya.

Tangram mulai dikenal di Eropa & Amerika pada awal abad ke 19, yang mestinya karna tali perdagangan dengan China yang meningkat.

Tangram yang dulunya hanya permainan kini banyak digunakan sekolah-sekolah dasar untuk membantu proses belajar. Dari mata pelajaran matematika hingga pelajaran bahasa pun guru bisa mengunakan tangram untuk memperjelas atau menambah minat murid dalam pelajaran tersebut. Satu sekolah dasar di Amerika mengunakan tangram sebagai alat pemersatu murid-murid sekolah yang datang dari berbagai suku dan bangsa.

Aturan Main

Aturan dasar bermain adalah dengan cara menghubungkan sisi-sisi ketujuh tan (semua tan harus digunakan) dan tiap tan tidak boleh saling tumpang tindih. Skill tertentu tidaklah dibutuhkan untuk bisa bermain tangram – cukup dengan kesabaran, waktu dan imaginasi tiap orang akan dapat memecahkan cara membentuk sesuatu atau menciptakan model imaginer baru.

Balok-balok tan bisa dibeli atau dapat juga dibuat sendiri dengan mudah. Alat-alat yang dibutuhkan hanyalah selembar kertas dan gunting. Cara membuatnya: Ambil kertas lipat yang persegi empat (kalo bukan persegi empat mesti dibuat persegi empat dulu) lalu digunting seperti gambar dibawah ini – ikuti garis. Tiik merah adalah bagian tengah kertas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar